Cara Mencari / Menemukan Topik atau Tema (Pokok Bahasan) dan Contoh Soalnya

Cara belajar bahasa inggris oke – cara mencari / menemukan topik atau tema (topic) dan contohnya – Dalam psotingan sebelumnya kita telah mempelajari strategi dalam menjawab soal reading, nah kali ini kita akan mempelajari pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan dalam soal reading, salah satunya adalah topik / tema (topic). Lantas bagaimana cara mencari / menemukan topik / tema (pokok bahasan) dalam soal reading?? Tenang, nanti kita kupas tuntas masalah itu, tetapi sebelumnya kita pahami pengertian dari topik / tema terlebih dahulu.

1. TOPIK / TEMA (Pokok bahasan)

 

Topik utama merupakan subject utama bacaan, tentang apa bacaan tersebut. Topik atau tema dalam sebuah teks atau paragraf adalah subject dari tulisan yang bisa berupa: inti isi tulisan (the text is about) atau judul tulisan (title). Sebuah paragraf yang baik hanya membahasa satu subject. Subject ini biasanya disebut dengan istilah Topic Noun atau Pokok bahasan.
Cara mencari / menemukan topik atau tema:
1. Kita harus membaca baris pertama dan kedua jika hanya ada satu paragraf atau amati keseluruhan paragraf pertama jika ada lebih dari satu paragraf.
2. Cari kata kunci yang paling sering diulang-ulang dalam bacaan baik pada awal baris tetapi juga di bagian-bagian selanjutnya, termasuk juga pada bagian kesimpulan.
3. Jika pertanyaan tentang topik, maka jawabannya busa berupa SATU KATA atau BENTUK FRASE (kelompok kata). Topik atau tema dari sebuah paragraf adalah subject dari tulisan itu yg bisa berupa: inti isi tulisan (the text is about) atau judul teks (title).

Cara cepat mencari topik atau tema (pokok bahasan) pada soal reading

Advertisement

1. Baca dahulu baris pertama dan kedua paragraf, jika hanya ada satu paragraf.
2. Temukan kata kunci (key word) yang selalu diulang-ulang baik pada bagian awal, tengah atau akhir, terutama bagian kesimpulan.
3. Kata kunci (key word) ini dapat berupa sinonim atau kata yang sama artinya.
Note: Jika teks tersebut memuat banyak paragraf, biasanya paragraf pertama merupakan pengantar dari teks tersebut, sedang topik (pokok bahasan) sangat mungkin terdapat pada paragraf kedua, dan ketiga.

Contoh pertanyaan Topik:
1. What is the main topic of this passage? (Apa topik utama bacaan ini?)
2. The text is talking mainly about? (Teks ini sedang membicarakan apa?)
3. What does the text tell about? (Teks ini menceritakan tentang apa?)
4. What is the subject of the passage? (Apa pokok permasalahan teks ini?)
5. The passage is about? (Teks ini mengenai… )

Demikian sedikit penjelasan tentang cara mencari / menemukan topik atau tema (poko bahasan) pada sebuah teks bahasa Inggris, semoga bermanfaat. Sila kunjungi blog kami di www.carabelajarbahasainggrisoke.com untuk mempelajari materi-materi bahasa Inggris lainnya. terimakasih.

Cara Mencari / Menemukan Topik atau Tema (Pokok Bahasan) dan Contoh Soalnya | admin | 4.5